Kamis, 01 Maret 2012

Cara Instalasi Apache2 pada Ubuntu


Jika anda berniat untuk membuat sebuah web server di mesin Ubuntu anda, apache adalah satu modal penting yang harus anda instal. Apache adalah salah satu opensource web server yang berjalan di berbagai platform (Mac, Linux, Windows dll) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan berbagai situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web ini menggunakan HTTP.
Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigurasikan, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah. Dalam tutorial ini berikut cara Menginstal Dan Mengkonfigurasi Apache Di Ubuntu anda.
Menginstall apache ke Ubuntu anda caranya cukup mudah hanya dengan membuka terminal dan ketik perintah berikut:

Seperti yang terlihat pada gambar berikut: 

Kemudian masukkan password jika diminta, lalu ketik "y" saat muncul tulisan "Do you want continue [Y/n]?"
Seperti pada gambar:

Setelah instalasi selesai, buka browser dan ketik ke “http://localhost”. Jika anda melihat kata “It Works!”, maka instalasi apache anda berhasil.



Selanjuntya Konfigurasi Apache
Setelah anda menginstal Apache, maka akan ditambahkan ke daftar init.d dan akan otomatis start setiap kali anda boot up komputer anda. Perintah berikut memungkinkan anda untuk start, restart, stop Apache.

Untuk mencegah Apache dari autostart ketika boot:

Untuk mengembalikan Apache kembali ke autostart ketik berikut :

Mengganti folder default localhost
Secara default, apache akan beroperasi pada “/ var / www” folder. Ini berarti bahwa apapun yang anda tempatkan file di / var / www folder akan terlihat dari http://localhost URL. Dalam beberapa kasus, anda mungkin ingin “localhost” untuk menunjuk ke folder lain sebagai gantinya, misalnya / home / user / public_html. Berikut adalah cara melakukannya:
Pertama, pastikan / home / Damien / folder public_html ada. Membuat file html sederhana, nama index.html dan menempatkannya dalam folder public_html.
Buka terminal dan ketik:




selanjutnya Restart Apache

Sekarang, di browser anda, Reload URL http://localhost. anda harus melihat file html yang telah anda ditempatkan dalam folder public_html.

SUCCESS!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar